Bandeng Berbobot 6,05 Kg Jadi Juara Kontes di Gresik

Kompas.com - 03/07/2016, 18:31 WIB
Pemenang kontes bandeng Arif Rahman Hakim (kiri), saat foto bersama Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan. HamzahPemenang kontes bandeng Arif Rahman Hakim (kiri), saat foto bersama Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan.
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

GRESIK, KOMPAS.com – Kontes bandeng atau yang biasa dikenal masyarakat Gresik dengan sebutan pasar bandeng pada Sabtu malam (2/7/2016) berakhir indah bagi Arif Rahman Hakim (32).

Bandeng berbobot 6,05 kilogram milik Arif menjadi juara dalam kontes tersebut.

Atas keberhasilan itu, warga Desa Tanjungwidoro, Mengare, Kecamatan Bungah, Gresik, Jawa Timur, teresbut berhak membawa pulang hadiah utama berupa uang tunai senilai Rp 20 juta dari Pemerintah Kabupaten Gresik.

"Bandeng ini saya pelihara sejak enam tahun silam di tambak sendiri dan saat ini beratnya mencapai 6,05 kg," tutur Arif, Minggu (3/7/2016).

Arif menuturkan, ada perlakuan khusus yang ia rahasiakan untuk bandeng juara tersebut. Meski tujuannya bukan untuk lomba, sejak masih benih, bandeng itu disisihkan di tempat yang berbeda dari bandeng lain.

Selain Arif, pemenang lain dalam lomba itu adalah Sirojun Munir (54) di tempat kedua dan Mashudin (48) sebagai pemenang ketiga.

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkab Gresik Malahatul Fardah, pihaknya juga mengadakan kontes otak-otak bandeng untuk pertama kali dan diikuti oleh seluruh kepala satuan kerja perangkat daerah di lingkungan Pemkab Gresik.

Lomba itu dimenangi oleh tim dari Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan.

Lomba tersebut bertujuan melestarikan makanan khas Gresik, yakni otak-otak bandeng. Kriteria yang digunakan menjadi penilaian pemenang meliputi kreativitas, rasa otak-otak bandeng yang dianggap khas Gresik, serta cara penyajiannya.

(Baca juga Malam Ini Ada Kontes Bandeng di Gresik)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X