Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Lebaran, Linmas Wanita Wonosobo Diturunkan

Kompas.com - 27/06/2016, 13:11 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, menggandeng petugas perlindungan masyarakat (Linmas) untuk bersiaga selama libur Lebaran 2016. Selain petugas pria, Satpol PP juga melibatkan petugas linmas wanita.

Kepala Kantor Satpol PP dan Linmas Kabupaten Wonosobo Faisal RB menyebutkan dari 80 petugas linmas, 11 diantaranya adalah wanita. Mereka akan terlibat pengamanan sejak H-7 sampai H+3 Idul Fitri 2016.

"Tak hanya yang pria saja, linmas wanita kami libatkan dalam upaya pengamanan selama 24 jam sepanjang lebaran," kata Faisal, dalam keterangan tertulis, Senin (27/6/2016).

Faisal menjelaskan, tugas para petugas linmas wanita akan difokuskan pada upaya pengamanan dan ketertiban masyarakat terutama di pusat-pusat perbelanjaan, baik sebelum maupun sesudah Lebaran.

"Misalnya, ketika ada warga yang kehilangan anak saat berbelanja di pasar, maka linmas wanita akan membantu untuk mencarikan," terang Faisal.

Faisal mengaku akan menempatkan para linmas wanita tersebut di tiga posko yang didirikan oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo antara lain di Terminal Mendolo, Taman Plasa Kota, dan Pasar Induk. Seluruh petugas akan disiagakan selama 24 jam yang terbagi dalam tiga shift kerja.

"Salah satu tugas dari anggota linmas yang berada di posko, termasuk para wanita nya adalah turut memantau arus lalu lintas yang pada hari-hari mendekati momen lebaran biasanya melonjak lebih padat," katanya.

Menurut Faisa, pengamanan ini sebagai wujud partisipasi Satpol PP dan Linmas untut menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat selama Lebaran.

Atikah Nuraini, komandan Linmas Kabupaten Wonosobo, menyatakan kebanggaanya bisa terlibat dalam upaya pengamanan lingkungan selama perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Meski baru pertama terjun dalam upaya pengamanan Lebaran, Atikah meyakini jajarannya siap 100 persen mendukung semua unsur yang terlibat dan siap bekerjasama secara professional.

"Bentuk kepercayaan ini tentu kami sambut dengan rasa bangga, sehingga kami juga akan mempersiapkan diri untuk ikut berperan aktif dalam upaya pengamanan semaksimal mungkin," tutur Atikah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com