Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Pendidikan Setara dengan Inggris, Bupati Kukar Bangun Cambridge Centre

Kompas.com - 21/06/2016, 15:45 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Ingin pendidikan di kabupatennya seperti dengan di Inggris, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari menjalin kerja sama dengan Cambridge University.

Demi merealisasikan rencana itu, Rita mengunjungi Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik.

“Di Kukar akan didirikan Cambridge Centre, nanti dari situ banyak pelajar Kukar yang tertarik sekolah ke luar negeri. Ini salah satu cara membangkitkan pendidikan di Kukar. Kukar akan menjadi kiblat pertama ketika pelajar sudah siap menempuh pendidikan ke luar negeri,” kata Rita, Selasa (21/6/2016).

Dijelaskan Rita, kerja sama antara Cambridge University dengan Kukar sudah lama terjalin. Rencana pendirian Cambridge Centre adalah tindak lanjut dari kerja sama terdahulu.

Rita sangat mengutamakan Cambridge Centre tersebut, karena menurutnya, warga Kukar antusias menempuh pendidikan ke luar negri.

“Kami lakukan ini untuk mempererat kembali hubungan Kukar dengan Inggris, khususnya Cambridge University dalam pengembangan pendidikan dan pengelolaan sumber daya alam (SDA). Di Kukar juga mengutamakan Bahasa Inggris, warga sangat terbuka dengan pendidikan,” sebutnya.

Tidak hanya membahas pengembangan sistem pendidikan di Kukar, Rita juga mengulas masalah kerja sama pengelolaan air baku yang bersumber dari sungai Mahakam.

Meski menggenjot beragam pembangunan di Kukar, namun Rita fokus pada bidang pendidikan dan pariwisata.

“Kalau pendidikan itu yang utama, dan juga pariwisata. Banyak dampak positifnya dari kerja sama dengan Cambridge University ini,” katanya.

Rita berharap, banyaknya investor yang masuk ke Kukar bisa berinvestasi di dunia pendidikan dan pariwisata.

“Kami berharap ada investor yang masuk untuk membangun pendidikan dan pariwisata kukar. Sebab, pendidikan dan pariwisata itu cepat maju dan berkembang,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com