Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prihatin Bencana Banjir dan Longsor di Jateng, Risma Bangun Posko Peduli

Kompas.com - 20/06/2016, 20:35 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Bencana banjir dan longsor di Jawa Tengah mengundang keprihatinan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Wali kota langsung menginstruksikan instansi terkait untuk mendirikan posko bantuan di Balai Kota Surabaya, Senin (20/6/2016).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, posko peduli bencana tersebut sudah berdiri sehari setelah bencana banjir dan longsor terjadi di sejumlah daerah di Jawa Tengah, Sabtu (18/6/2016) lalu. 

Posko dijaga sejumlah petugas beratribut Linmas Kota Surabaya. Di papan daftar pemberi bantuan, sudah tercatat bantuan uang tunai sebesar Rp 2,5 juta dari Bakesbanglinmas Kota Surabaya.

Kepala Bakesbangpol dan Linmas kota Surabaya, Soemarno, mengatakan, jam operasional posko mulai pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB setiap harinya. Hari libur Sabtu dan Minggu, posko dipastikan tetap buka.

“Harapannya, semua di lingkungan Pemkot Surabaya ikut peduli meringankan beban korban banjir dan bencana longsor di Jawa Tengah,” katanya.

Bukan hanya pegawai Pemkot Surabaya, posko juga terbuka untuk menerima bantuan dari semua warga Kota Surabaya. 

Bantuan yang diberikan diharapkan bisa berupa bahan pokok yang diperlukan korban atau uang tunai.

"Lebih-lebih bahan keperluan pokok yang diperlukan korban berupa keperluan sandang dan pangan atau uang tunai. Nanti akan dicatat dan dilaporkan secara resmi," terangnya.

Puluhan orang meninggal dunia akibat longsor dan banjir di Jawa Tengah, sementara 26 orang hilang dan masih dalam pencarian.

Baca juga: BNPB Sebut 40,9 Juta Orang Indonesia Terancam Banjir dan Longsor

Ribuan rumah juga hancur disapu banjir atau tertimbun longsor yang melanda 16 kabupaten/kota akibat hujan lebat yang turun sejak Sabtu (18/6/2016) siang hingga malam hari di Purworejo, Banjarnegara, Kendal, Sragen, Purbalingga, Banyumas, Sukoharjo, Kebumen, Wonosobo, Pemalang, Klaten, Magelang, Wonogiri, Cilacap, Karanganyar, dan Kota Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com