Kisah Bidan Kontrak di Pulau Batuwingkung yang Talangi Obat Pasien

Kompas.com - 05/05/2016, 08:37 WIB
Marisa Siagian (27), bidan kontrak di pulau Batuwingung, Sangihe berfoto usai melayani pasien. Kompas.com/Ronny Adolof BuolMarisa Siagian (27), bidan kontrak di pulau Batuwingung, Sangihe berfoto usai melayani pasien.
|
EditorIcha Rastika

SANGIHE, KOMPAS.com - Siang itu, panas menyengat di Pulau Batuwingkung, sebuah desa di Kecamatan Tabukan Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Batuwingkung merupakan daerah yang dapat dicapai dengan menyeberangi lautan dari daratan Sangihe.

Di tengah terik Batuwingkung, seorang bidan, yakni Marisa Siagian (27), mengunjungi seorang anak kecil.

Bidan kontrak itu harus melewati jalan setapak naik turun sebelum sampai ke rumah pasien. Ia harus mendatangi rumah pasien karena kondisi pasiennya itu tidak memungkinkan untuk dibawa ke puskesmas pembantu.

"Bocah ini sudah beberapa hari panas tinggi," ujar Marisa sambil menyeka peluhnya, Rabu (4/5/2016).

Wanita itu lalu memeriksa pasien dan memberikan obat yang diperlukan. Usai menangani bocah itu, Marisa beranjak ke rumah warga lainnya.

Seorang wanita paruh baya telah menanti kunjungannya, mengharapkan pemeriksaan kesehatan dari bidanm lulusan Politeknik Kesehatan Manado itu.

Tak ada keluhan sedikit pun keluar dari mulut Marisa. Padahal, tak gampang hidup di Batuwingkung.

Sumber air bersih berkurang drastis setelah kemarau panjang melanda setahun lalu. Belum lagi jalur komunikasi yang sulit karena sinyal yang buruk.

"Saya tidak pemakan ikan, alergi. Di pulau ini banyak ikan karena umumnya mereka nelayan. Sementara sayur-sayuran dan buah jarang didapat. Tapi saya menyesuaikan dengan kondisi yang ada, termasuk tinggal sendiri di Pustu," ujar Marisa.

Kondisi serba terbatas di pulau, membuat banyak tenaga medis menolak bertugas di pulau-pulau.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X