Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Tarsius yang Dilindungi Berkembang Pesat di Pulau Buton

Kompas.com - 07/04/2016, 22:05 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BAUBAU, KOMPAS.com - Populasi hewan tarsius (Tarsius spectrum) di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara, berkembang sangat baik. Diperkirakan ada sekitar seribu ekor tarsius yang menyebar di kepulauan tambang aspal tersebut.

"Perkembangan tarsius di sini sangat baik. Populasinya di sini ada sekitar 1.000 ekor," kata Koordinator Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sultra Saihudin, Kamis (7/4/2016).

Menurut Saihudin, mamalia kecil bermata besar ini tidak hanya berada di dalam hutan lindung atau dalam kawasan hutan konservasi. Tarsius juga hidup di luar kawasan hutan.

"Perkembangannya banyak karena tidak ada yang berburu sehingga populasinya berkembang pesat," ujarnya.

Walaupun demikian, penebangan pohon di hutan mengancam tempat tinggal hewan yang dilindungi tersebut. Aktivitas penebangan pohon memaksa tarsius harus kembali mencari sarang baru.

"Tapi penebangan pohon di sini persentasenya sangat kecil sekali sehingga populasi tarsius sangat berkembang pesat," kata Saihuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com