Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerusuhan di Minahasa Tenggara, Belasan Orang Ditahan

Kompas.com - 28/03/2016, 08:36 WIB

MINAHASA TENGGARA, KOMPAS.com - Belasan orang ditahan pasca-kerusuhan di Desa Basaan, Kecamatan Rataotok, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, Sabtu (26/3/2016).

Seperti dikutip dari Harian Kompas, Senin (28/3/2016), Kepala Polda Sulut Brigadir Jenderal (Pol) Wilmar Marpaung di Manado, Minggu, mengatakan, belasan warga yang ditahan diduga menjadi pemicu dan provokator kerusuhan.

Dua warga, Vijai Londa dan Marco Wurangian, juga diperiksa karena diduga sebagai penyebab kerusuhan. Mereka berkelahi seusai pesta pada Sabtu dini hari.

"Saya minta mereka yang terlibat diperiksa. Kami tak main-main, siapa salah kami hukum. Polisi juga mencari penyebar informasi palsu di media sosial," katanya.

Marpaung menampik bahwa kerusuhan dua kampung Basaan ini dilatarbelakangi isu SARA.

Dalam kerusuhan itu, tiga rumah warga hangus dibakar massa. Namun, tak ada warga yang terluka.

Sepanjang Sabtu hingga Minggu, polisi memeriksa rumah warga yang diduga terlibat kerusuhan. Polisi pun menemukan ratusan parang, tombak, panah wayer, dan bom molotov.

Sementara itu, hingga hari Minggu (27/3/2016), sebanyak 300 personel Polri dan TNI berjaga-jaga di Basaan sambil melakukan mediasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com