Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Gerhana Matahari, Putri Raja Thailand Kunjungi Ternate

Kompas.com - 11/02/2016, 18:29 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Kesultanan Ternate, Maluku Utara telah mendapatkan kepastian terkait kunjungan putri Raja Thailand  yang akan menyaksikan fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang.

Jogugu atau perdana menteri Kesultanan Ternate, H Zulkiram kepada Kompas.com, Kamis (10/2/2016) menjelaskan Duta Besar Thailand untuk Indonesia sudah dua kali berkunjung ke Keraton Kesultanan Ternate untuk memastikan kedatangan sang putri.

“Dubes sendiri yang datang ke Ternate dua kali, ada juga tim dari Dubes yang memantau kondisi kesultanan,” kata Zulkiram.

Pihak kesultanan yang diwakili Tulilamo atau sekretaris kesultanan telah menyampaikan tahapan pelaksanaan penyambutan sang putri.

“Kedatangan putri Raja Thailand, kami sudah koordinasikan dengan pihak pemerintah Kota Ternate, dan dari kesultanan diwakili Tulilamo telah berkunjung ke Kedubes Thailand untuk sampaikan tahapan pelaksanaan,” tambah Zulkiram.

Putri raja Thailand akan disambut dengan tradisi adat mulai dari upacara ‘Joko Kaha’ atau injak tanah hingga saat berada dalam keraton saat tiba di Ternate.

“Kedatangan putri raja ke Ternate dalam rangka melihat gerhana matahari total. Terkait kedatangan pihak kesultanan akan menjamunya secara adat, mulai dari ‘Joko Kaha’ hingga makan bersama dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Kota Ternate,” kata Zulkiram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com