Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaki Gunung Guntur Tertimpa Reruntuhan Batu

Kompas.com - 08/11/2015, 22:38 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejumlah pendaki di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tertimpa reruntuhan batu berukuran besar. Akibatnya, mereka harus dirawat di rumah sakit terdekat kota itu, Minggu (8/11/2015).

Komandan Koramil Tarogong, Kapten Infanteri Sutopo mengatakan, saat itu para pendaki hendak turun dari puncak menuju kaki gunung.

"Awal laporan yang kami terima sekitar pukul 16.00 WIB. Ada 12 pendaki mengalami kecelakaan saat hendak turun menuju kaki gunung," kata Sutopo.

Ia mengatakan, berdasarkan laporan awal ada tiga orang yang mengalami luka cukup parah dari insiden ini. Seorang di antaranya bernama Adi Kurnia, warga Bandung, berhasil dievakuasi ke Puskesmas Tarogong karena luka pada kepala dan punggung.

"Awalnya ada dua korban lagi di atas, tapi setelah anggota saya di atas, ternyata bukan hanya dua orang tapi ada pendaki lainnya juga," kata Sutopo.

Petugas evakuasi dari unsur TNI/Polri, BPBD dan warga sekitar itu masih melakukan evakuasi hingga malam hari, meskipun menghadapi kendala cuaca dan penerangan.

Sutopo mengatakan, korban yang harus ievakuasi karena tidak dapat berjalan akibat kakinya tertimpa batu sehingga harus ditandu.

"Rata-rata mereka tidak bisa memaksakan diri jalan kaki usai tertimpa batu di atas," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com