Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpapar Abu Anak Gunung Rinjani, Bandara Blimbingsari Ditutup

Kompas.com - 04/11/2015, 13:29 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Bandara Blimbingsari di Kabupaten Banyuwangi ditutup mulai hari ini, Rabu (4/11/2015) pukul 08.30 WIB.

Erupsi anak Gunung Rinjani Rinjani yang terletak di wilayah Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat menyebabkan abu vulkanik mengganggu kondisi Bandara Blimbingsari.

Sigit Widodo, Kepala Bandara Blimbingsari Banyuwangi menjelaskan, selain menutup aktivitas penerbangan regular, tiga sekolah pilot yang berada di wilayah Bandara Blimbingsari juga menghentikan aktivitasnya sejak jam 07.00 WIB.

"Hari ini dijadwalkan ada penerbangan maskapai Garuda Indonesia rute Denpasar Banyuwangi PP dan juga dua kali penerbangan Surabaya Banyuwangi PP. Kami sudah menginformasikan hal tersebut kepada pihak maskapai," ujar Sigit.

Sesuai surat, aktivitas bandara akan kembali dibuka pada hari Kamis (5/11/2015).

"Namun lihat nanti perkembangannya karena abu vulkanik dari Rinjani terlihat di wilayah penerbangan Banyuwangi," katanya.

Anak Gunung Rinjani yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali meletus pada Selasa (3/11/2015) dengan ketinggian mencapai 3,5 kilometer. Abu terpantau menutupi Selat Lombok, Bali hingga Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com