Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unggah Foto Kucing Hutan Hasil Berburu, Wanita Ini Dikecam "Netizen"

Kompas.com - 18/10/2015, 17:48 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com — Akun Facebook milik Tri Ida Susanti mendapat kecaman dari para netizen alias pengguna internet. Sebab, dalam akun Facebook-nya, ia mengunggah foto kucing hutan (Felis bengalensis) yang disebut sebagai hasil berburu.

"Hasil berburu hari ini.... Nyam.... Nyam...," tulis Tri Ida Susanti pada statusnya tanggal 12 September 2015.

Sontak saja, foto kucing hutan hasil berburu yang sudah mati dan diikat tali tersebut mendapat kecaman dari para netizen.

"Polisi harus usut tuntas kasus ini, jangan tinggal diam, karena kucing hutan termasuk satwa dilindungi," kata Qurotul Ayun, salah satu pengguna internet, Minggu (18/10/2015).

Netizen lainnya, Sugianto, juga mengecam tindakan tersebut. "Katanya dia kuliah di salah satu kampus negeri di Jember, harus ditelusuri dan hukum seberat-beratnya," ujarnya.

Tidak hanya mendapat kecaman, para netizen yang dipelopori Arninda Oktaviani membuat petisi atas akun Tri Ida Susanti tersebut. Petisi tersebut ditujukan kepada Polres Jember, Universitas Jember, animallovers, catlovers, dan animalbuse.

"Tanda tangan, sebarkan kejahatan terhadap hewan yang dilindungi (animal abuse) agar tersangka bisa mendapatkan hukuman yang setimpal, dan tidak terjadi lagi tindakan penganiayaan terhadap hewan lainnya," tulis Arninda Oktaviani dalam petisinya.

Sebelumnya, kasus penangkapan dan perburuan hewan dilindungi kerap mendapat sorotan setelah pelaku mengunggah di media sosial. Bahkan, ada pelaku yang ditangkap polisi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Baca: Pelaku Pembantaian Beruang Madu Ditangkap Polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com