Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paling Tua di Ambon, Oma Yohana Terima Penghargaan

Kompas.com - 07/09/2015, 16:19 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com — Pemerintah Kota Ambon memberikan penghargaan kepada warga tertua yang ada di kotanya. Predikat warga tertua itu disandang oleh Yohana Souhua, warga Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, yang berusia 102 tahun 11 bulan. Penyerahan penghargaan dilakukan di Tribun Lapangan Merdeka, Senin (7/9/2015).

"Oma Yohana ini adalah manusia tertua di Kota Ambon. Usianya telah mencapai 102 tahun 11 bulan dan pada bulan depan usianya akan bertambah menjadi 103 tahun," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy saat menyerahkan penghargaan itu.

Richard juga mengatakan, Oma Yohana hingga kini masih biasa pergi ke pasar dan juga memasak.

"Beliau masih kuat sekali, masih bisa naik ojek ke pasar setiap hari dan memasak di rumah," kata Richard.

Selain memberikan penghargaan kepada warga tertua di Kota Ambon, dalam kesempatan itu, Pemerintah Kota Ambon juga memberikan penghargaan yang sama kepada sejumlah pihak yang telah berjasa terhadap pembangunan dan kemajuan Kota Ambon.

Selain itu, sejumlah pihak yang ikut mempromosikan Kota Ambon melalui seni dan olahraga juga ikut mendapat penghargaan atas jasanya itu. Seniman dan olahragawan asal Maluku yang ikut mendapatkan penghargaan itu adalah Ellyas Pical, mantan petinju dunia asal Maluku, dan musisi Zeth Lekatompessy.

"Mereka sangat berjasa mempromosikan Ambon ke level nasional hingga ke mancanegera," ujarnya.

Penghargaan juga diberikan kepada Pangdam XVI Pattimura dan Kapolda Maluku atas jasanya menjaga situasi Kota Ambon tetap kondusif. Selain itu, pimpinan umat beragama di Maluku juga ikut mendapatkan penghargaan tersebut. Jumlah penghargaan yang diberikan mencapai 30 buah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com