Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Tionghoa Gelar Upacara di Halaman Pasar Atom

Kompas.com - 17/08/2015, 16:14 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ribuan pedagang keturunan Tionghoa menggelar upacara peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI di halaman Pasar Atom, Surabaya, Senin (17/8/2015). Mereka ingin membuktikan bahwa mereka adalah bagian dari bangsa Indonesia yang ingin memperingati hari kemerdekaan.

Perangkat upacara, mulai dari komandan upacara, pembaca teks Undang-Undang Dasar, hingga pengibar bendera, merupakan adalah warga Tionghoa, khususnya pedagang Pasar Atom. Acara juga diramaikan dengan pertunjukan seni tari dan paduan suara. 

Menurut perwakilan manajemen Pasar Atom, Mayjen TNI (Pur) Halim A Hermanto, upacara tersebut adalah yang ke-12 kalinya digelar.

"Kami sangat bangga bisa menggelar upacara ini. Kami ingin tunjukkan bahwa warga keturunan juga memiliki nasionalisme yang sama dengan warga lainnya," terang pria yang bertindak selaku inspektur upacara.

Pantauan Kompas.com, para peserta dan petugas upacara cukup antusias mengikuti upacara. Sejumlah tokoh hadir dalam upacara tersebut, di antaranya, wakil Konjen Republik Rakyat Tiongkok, Yu Hong, Ketua Umum Yayasan Bakti Persatuan, Ketua Peguyuban Masyarakat Tiong Hoa, dan mantan Menkopolhukam, Tedjo Edy Purdijatno. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com