Ridwan Kamil: Bandung Punya Hubungan Batin dengan Papua - Kompas.com

Ridwan Kamil: Bandung Punya Hubungan Batin dengan Papua

Kompas.com - 14/08/2015, 19:30 WIB
KOMPAS.com/Dendi Ramdhani Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat berfoto bersama para siswa asal Papua di Balai Kota Bandung, Jum'at (14/8/2015). Sebanyak 70 siswa asal Papua akan menempuh pendidikan di Kota Bandung.
BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 70 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) asal Papua akan mengenyam pendidikan di Kota Bandung. Program tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa Papua.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Kota Bandung akan mendorong program pendidikan bagi para siswa asal Papua. Bahkan dia berencana akan meningkatkan jumlah siswa Papua yang akan bersekolah di Bandung.

"Bandung ini punya hubungan batin yang lebih dari yang lain. Karena saya pernah ke Papua diangkat anak adat juga. Atas dorongan Staf Khusus Presiden RI Lenis Kogoya, dalam tahun-tahun berikut kita tambah 3-4 kali lipat siswa Papua, kita atur mereka sekolah dimana setelah mereka lulus SMA kita atur mereka untuk S1 di Bandung," kata Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Jumat (14/8/2015).

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Emil tersebut mengaku, akan memberikan pelatihan teknologi tepat guna sehingga para siswa Papua selain mengenyam pendidikan formal juga mendapat ilmu praktik.

"Program akulturasi budaya kita konsepkan dengan Dispora agar ada keluarga asuh. Nginepnya jangan selalu di asrama. Saya perintahkan agar kegiatan-kegiatan Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) proaktif melibatkan anak-anak muda Papua termasuk sepakbola dan macam-macam," ucap Emil.

Namun, para siswa Papua tersebut saat ini masih ditempatkan di sekolah swasta.

"Sementara semua di swasta, kalau nanti di negeri. Akan kita cek karena ada kebijakan afirmasi sesuai diskresi Wali Kota," ucapnya.

"Plus saya mau ngajak liburan akhir agustus semua anak papua saya undang ke Pantai Pangandaran," tutupnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorCaroline Damanik

Terkini Lainnya


Close Ads X