Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Hari Pasca Lebaran, Volume Arus Balik di Tol Cipali Meningkat 9,2 Persen

Kompas.com - 23/07/2015, 22:51 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelombang pertama arus balik yang diprediksi terjadi pada 19-21 Juli 2015 ternyata berlangsung lebih panjang. Volume lalu lintas di ruas jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) seusai masa cuti bersama berakhir, justru semakin meningkat.

Data volume kendaraan yang melewati gerbang Tol Cikopo arah Jakarta pada H+5 atau Rabu (22/7/2015) tercatat sebanyak 56.022 kendaraan, atau meningkat 9,2 persen dibanding volume pada H+4  sebanyak 51.300 kendaraan.

Hingga tengah hari H+6 atau Kamis (23/7/2015), lalu lintas arus balik di Tol Cipali arah Jakarta masih terimbas kepadatan lalu lintas di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek dan ruas jalan Tol Purbaleunyi yang ekor antreannya menyambung hingga gerbang Tol Cikopo. 

"Gelombang kedua arus balik kami prediksi akan terjadi pada Jumat besok hingga Minggu 26 Juli 2015," ujar Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Arryanto dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (23/7/2015).

Upaya yang dilakukan PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pengelola ruas Jalan Tol Cipali dalam menghadapi kepadatan arus balik, khususnya di gerbang Tol Cikopo, adalah mempersiapkan jumlah maksimal gardu tol sebanyak 18 unit arah Jakarta dan 5 gardu arah Cirebon.

Untuk mempercepat layanan di gerbang tol, LMS mengerahkan petugas tambahan di gardu tol yang dibantu oleh petugas jemput bola dalam melakukan penukaran uang kecil serta menyesuaikan pengoperasian gardu tol.

"Di lapangan pengaturan buka tutup gardu kami koordinasikan dengan pihak Kepolisian, disesuaikan dengan kondisi lalu lintas. Untuk lebih mempercepat waktu transaksi, kami menghimbau para pengendara untuk menyiapkan uang pas dan kartu tol-nya sebelum memasuki gerbang tol," tambah Hudaya Arryanto.

Sejak Kamis (23/7/2105) pukul 00.00 WIB tarif Tol Cipali telah kembali normal. Untuk kendaraan golongan I jarak terjauh (dari Palimanan ke Cikopo) besaran tarifnya Rp 96.000.

LMS juga telah menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan arus kendaraan untuk mengantisipasi apabila terjadi kepadatan lalu lintas menjelang gerbang Tol Cikopo. Bila antrean kendaraan dari arah Palimanan yang hendak keluar melalui gerbang Tol Cikopo sudah panjang, arus akan dialihkan keluar melalui gerbang Tol Kalijati di Km 98. Dari Kalijati kendaraan dapat mengikuti jalan nasional Subang-Sadang lalu masuk Tol Purbaleunyi dan Tol Cikampek menuju Jakarta.

Saksikan video kepadatan arus mudik di Tol Cipali-Palikanci:

Kompas Video Antrean Kendaraan Pemudik di Tol Cipalikanci
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com