Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Tujuan Pontianak Mendarat di Batam, Penumpang Garuda Sempat Kisruh

Kompas.com - 14/07/2015, 01:14 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Penumpang pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 500 tujuan Jakarta yang menunggu kedatangan pesawat sempat kisruh. Kekisruhan tersebut terjadi ketika pesawat yang sudah tiba di Pontianak tidak bisa mendarat dan dialihkan sementara ke Batam.

Staf Ahli Bandara Supadio Pontianak, Syarif Usmulyani mengatakan, kekisruhan tersebut berawal dari penundaan keberangkatan pesawat dari Pontianak menuju Jakarta. Penundaan tersebut dikarenakan runway bandara tertutup pesawat militer yang mengalami kendala teknis.

Penumpang yang sempat kisruh tersebut menurut Usmulyani didominasi oleh pejabat, anggota DPRD hingga pengusaha. Penumpang tersebut mempertanyakan kenapa pesawat yang harusnya mereka tumpangi tidak jadi mendarat.

"Tadi ada sedikit kekisruhan. Penumpang Garuda kan pejabat semua itu, ada anggota DPRD, pengusaha. Tadi ribut, mereka menanyakan kenapa pesawat itu langsung balik ke Batam. mereka juga mengatakan Itu kan belum tahu sampai sejauh mana penanggulangannya" ujar Usmulyani sambil menirukan keluhan penumpang, Senin (13/7/2015).

Usmulyani menambahkan, pengalihan tersebut juga berdampak pada penundaan jadwal keberangkatan. "Jadi saya sampaikan kepada penumpang, pilotnya punya keputusan mendaratkan pesawat untuk menghindari resiko" kata dia.

Dalam dunia penerbangan, jelas Usmulyani, paling lama 30 menit untuk holding. Jika lebih dari 30 menit, maka pilot bisa mengambil keputusan untuk menghindari resiko kehabisan bahan bakar dan mendarat di bandara terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com