Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Human Error", Penyebab Kecelakaan di Tol Cipali

Kompas.com - 09/07/2015, 19:51 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak pembukaan pada 14 Juni 2015, Tol Cikopo - Palimanan menjadi sorotan publik. Penyebabnya kecelakaan kerap terjadi di wilayah tersebut. Hingga kini, ada 54 insiden yang menelan 12 korban meninggal.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menilai, kecelakaan bukan hanya bersumber dari kondisi jalan, melainkan kondisi pengemudi yang kelelahan dan lainnya.

"Kecelakaan di tol cipali disebabkan kesalahan manusia. Karena kecepatannya terlalu tinggi. Kecepatan 110 km per jam. Kondisi lelah dan jalan lurus. Akhirnya menabrak kendaraan yang lagi parkir. Ini human error," kata Badrodin di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Namun, selain mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat melintas di Tol Cipali, kepolisian juga menerjukan personel untuk menjaga ketertiban lalu lintas di tol tersebut. Salah satunya untuk menekan angka kecelakaan di tempat tersebut.

"Kita kerahkan 20 mobil patroli lalu lintas. Ada bagian jalan yang diklaim masyarakat belum tuntas permasalahannya. Kita terjunkan personel untuk menjaga lalu lintas," kata Badrodin.

Mobil-mobil patroli ini akan berjaga di sepanjang tol dengan jarak 10 kilometer dari setiap titik. Polisi akan memberikan kode kepada pengemudi untuk mengurangi kecepatan dan tidak mengantuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com