Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Normalnya Hercules Bisa Angkut Lebih dari 12,5 Ton"

Kompas.com - 02/07/2015, 14:08 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com — Panglima Komando Operasi I Marsekal Madya Agus Dwiputranto memastikan pesawat Hercules C-130 tidak kelebihan beban. Kapasitas beban Hercules bisa mencapai lebih dari 12,5 ton.

"Dilihat aja. Normalnya kan Hercules kan bisa mengangkut 12,5 ton lebih. Kemarin 10 ton aja belum," kata Agus di Rumah Sakit Umum Pemerintah Adam Malik, Medan, Kamis (2/7/2015).

Jadi, kata Agus, Hercules saat itu tidak mengalami keberatan beban. Beban yang dibawa masih dalan kondisi normal, dan bukan sebagai penyebab jatuhnya pesawat. "Jumlah penumpang kan 122 orang. Beratnya berapa kalau segitu? Kan enggak mungkin," kata Agus.

Sementara itu, pesawat Hercules tipe C-130 yang jatuh di kawasan permukiman di Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6/2015), diduga mengalami kerusakan mesin. Dugaan itu diperoleh berdasarkan permintaan pilot untuk kembali ke pangkalan (return to base) beberapa saat setelah lepas landas atau take-off dari Lanud Soewondo, Medan.

"Pilot minta kembali, pasti ada sesuatu kerusakan. Namun, pada saat handle kembali, ternyata tidak mampu, hingga terjadi kecelakaan," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com