"Pesawat Hercules yang Jatuh di Medan Memang Tak Punya Kotak Hitam" - Kompas.com

"Pesawat Hercules yang Jatuh di Medan Memang Tak Punya Kotak Hitam"

Kompas.com - 01/07/2015, 19:53 WIB
TRIBUN MEDAN/DEDY SINUHAJI Petugas gabungan melakukan proses pencarian korban penumpang pesawat Hercules C-130 milik TNI AU yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Selasa (30/6/2015). Pesawat jatuh pada pukul 12.08 WIB, dua menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo saat hendak menuju Tanjung Pinang.

MEDAN, KOMPAS.com
 — Perwakilan tim investigator TNI Angkatan Udara, Sofyan, mengatakan, pesawat Hercules jenis C-130 yang jatuh di Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6/2015), tidak mempunyai kotak hitam (black box). Pesawat Hercules, lanjutnya, memang tidak memiliki kotak hitam.

"Memang tidak mempunyai black box, apalagi (mengingat) tahun produksi, belum ada kotak hitam itu. Kemudian, penggunaannya untuk kepentingan militer. Ada juga pesawat yang menggunakan kotak hitam. Akan tetapi, yang untuk pesawat Hercules ini, tidak ada black box-nya," katanya saat ditemui di Jalan Jamin Ginting, Rabu (1/7/2015).

Dia menyebutkan, dalam investigasi pada kasus jatuhnya pesawat bernomor penerbangan A-1310 itu, petugas hanya melakukan pengumpulan puing-puing pesawat. Sebelumnya, lanjut Sofyan, petugas sudah mengangkat empat mesin pesawat tersebut.

"Empat engine sudah kami tandai, dan kini masih kami selidiki sehingga penyebab jatuhnya pesawat belum dapat dipastikan," ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, personel gabungan masih melakukan pencarian korban meninggal dan puing-puing. Meski demikian, proses tersebut ditargetkan selesai pada hari ini.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorCaroline Damanik

Terkini Lainnya


Close Ads X