Ini Dugaan Penyebab Tabrakan Kereta Api di Cirebon - Kompas.com

Ini Dugaan Penyebab Tabrakan Kereta Api di Cirebon

Kompas.com - 24/05/2015, 00:21 WIB
TRIBUN JABAR/IDA ROMLAH KA Bangunkarta anjlok dan terguling setelah menubruk KA barang di Stasiun Waruduwur, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Sabtu (23/5) pukul 18.45 WIB.
CIREBON, KOMPAS.com — Wakapolres Cirebon Kompol Agung Reza yang datang ke lokasi tabrakan antara KA Bangunkarta dan kereta api barang mengatakan, polisi masih terus mendalami kasus ini. Polisi saat ini melakukan identifikasi dan olah TKP.

"Yang dimintai keterangan belum lengkap. Kami baru dengan masinis dan beberapa saksi. Masih periksa itu dulu. Nanti kan kami kerja sama dengan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi)," kata Wakapolres, Sabtu (23/5/2015) malam.

Meski demikian, menurut dugaan awal, Wakapolres mengatakan bahwa tabrakan terjadi akibat kereta barang belum berpindah secara sempurna dari jalur tiga ke jalur empat ketika masuk ke Stasiun Waruduwur, sementara KA Bangunkarta sudah telanjur masuk ke jalur tiga.

Akibatnya, bagian belakang gerbong paling belakang dari kereta barang terbentur KA Bangunkarta. "Titik benturan berada di belakang KA barang," lanjut Agung Reza.

Terkait korban luka, Wakapolres mengatakan bahwa mereka bukan penumpang KA Bangunkarta. Korban adalah penumpang kereta api barang. Sebab, di gerbong terakhir terdapat sejumlah orang yang merupakan kuli bongkar-muat barang.


EditorErvan Hardoko

Close Ads X