Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerugian Pasar Johar Mencapai Rp 376 Miliar

Kompas.com - 12/05/2015, 02:30 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com - Dinas Pasar Kota Semarang mencatat setidaknya ada sekitar 4.719 kios pedagang di Pasar Johar ludes terbakar. Si Jago merah berhasil meluluhlantakkan dua pertiga dari kompleks pasar Johar dan Pasar Yaik, pasar yang kebetulan bersebelahan dengan Johar.

“Ada empat bagian yang mengalami kebakaran hebat. Bagian utara pasar Johar, tengah, selatan dan Pasar Yaik,” kata Kepala Dinas Pasar Trijoto Satdjoko, dalam laporan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (11/5/2015) malam.

Empat wilayah tersebut rinciannya, yakni bagian utara seluar 5.879 meter persegi, bagian selatan seluas 4.768 meter persegi. Bagian tengah pasar Johar seluas 5,703 meter persegi, serta pasar Yaik seluas 7.585 meter persegi. Jumlah seluruh lokasi kebakaran mencapai 23.936 meter persegi.

Terkait total kerugian, pihaknya memprediksi kerugian mencapai angka ratusan miliar. Kerugian fisik mencapai Rp 60,3 miliar dan kerugian bahan dagangan sebesar Rp 316,1 miliar. “Jadi totalnya Rp 376,4 miliar,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebakaran Kota Semarang menilai proses pemadaman yang dilakukan saat ini berfokus pada kebulan asap. Pihaknya mengaku sudah menjinakkan titik api di lokasi kebakaran.

“Kami melakukan pemadaman pada titik asap. Ruangan pasar itu ada 'rolling door', sehingga kita harus buka dulu agar bisa dipadamkan asapnya,” ucap Sumarsono.

Kebakaran hebat pada Sabtu malam lalu dimulai dari terbakarnya Pasar Johat di sisi Timur. Lantaran angin yang begitu besar, kobaran api secepat kilat merambat ke bagian barat dan selatan.

“Kendala pemadaman tidak ada, karena air sudah tersedia, tinggal sedot dan semprot. Hanya saja, luasan yang terbakar itu sangat luas,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com