Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor DPP Ditarik Hatta, Kader PAN "Saweran" Uang sampai Kambing

Kompas.com - 17/04/2015, 14:47 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


UNGARAN, KOMPAS.com - Kader Partai Amanat Nasional (PAN) di seluruh Indonesia saat ini ramai-ramai saweran atau patungan untuk mendapatkan kantor DPP PAN yang permanen. Pasalnya, pasca-terpilihnya Zulkifli Hasan sebagai ketua yang baru menggantikan Hatta Rajasa, kantor DPP PAN di TB Simatupang diminta kembali oleh Hatta Rajasa.

Ketua DPD PAN Kabupaten Semarang Ahsin Ma'ruf mengakui selama ini PAN terlena dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh ketua umumnya. Termasuk diantaranya kantor DPP PAN. Ketika ketua umum tersebut sudah diganti, maka pengurus baru kebingungan mencari pengganti kantor yang baru.

"Dulu waktu ketum-nya pak SB (Sutrisno Bachir) dipinjami, waktu pak Hatta juga dipinjami. Jadinya partai terlena karena merasa dicukupi," kata Ahsin, Jumat (17/4/2015) siang.

Menurut Ahsin, agar tidak nomaden seharusnya DPP PAN mempunyai kantor sendiri yang permanen. Pihaknya mengapresiasi langkah sejumlah kader PAN yang menginisiasi gerakan patungan untuk pengadaan kantor DPP PAN.

"Saya mengapresiasi para kader muda PAN yang berupaya agar DPP punya kantor permanen. Ayo bantingan supaya DPP punya kantor," ajaknya.

Meski mengapresiasi gerakan saweran untuk kantor DPP PAN, namun Ahsin yang saat ini juga duduk sebagai legislatif di DPRD Provinsi Jawa Tengah itu enggan menginstruksikan jajaraannya untuk menyumbang. Dia beralasan, sumbangan yang datang dari hati, itu hasilnya akan jauh lebih besar ketimbang sumbangan yang keluar karena perintah.

"Kami siap saja kalau dapat instruksi dari DPW. Justru saya memandang, kalau itu krentek (tergerak) dari hati, ikhlas, malah akan menghasilkan yang lebih besar," jelasnya.

Dia mencontohkan, meski tanpa instruksi para kader PAN di kabupaten Semarang juga sudah turut menyumbang untuk segera mendapatkan kantor DPP PAN. Seorang kader DPC PAN Bancak telah menyumbang tiga ekor kambing.

"Buktinya ada kader dari DPC PAN Bancak menyumbang kambing," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com