Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Jokowi di Tambora, Pesawat Tempur Disiapkan

Kompas.com - 30/03/2015, 16:03 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis


MATARAM, KOMPAS.com — Satu skuadron pesawat tempur jenis Sukhoi disiagakan untuk pengamanan Presiden Joko Widodo yang rencananya hadir dalam acara peringatan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurut Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Rembiga Letkol Pnb Ardi Syahri, pihaknya telah siap melakukan pengamanan udara terkait rencana kedatangan Presiden. Untuk pengamanan udara, pihaknya telah menyiagakan satu skuadron pesawat tempur yang akan standby di Makassar dan Madiun.

"Pengamanan setiap pergerakan Presiden itu kita sudah standby-kan pesawat tempur di Makassar dan Madiun, tapi sifatnya standby. Kalau ada gangguan pesawat RI 1, dia akan langsung take-off. Satu skuadron untuk pengamanan di bidang udaranya," kata Ardi, Senin (30/3/2015).

Ardi mengatakan, pihaknya siap mengamankan kedatangan Presiden Jokowi yang rencananya datang ke NTB untuk menghadiri acara "Tambora Menyapa Dunia", April 2015. Selain menggunakan pesawat kepresidenan, pihaknya telah menyiapkan tiga pesawat Super Puma yang rencananya mengantar rombongan Presiden dari Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju lokasi acara di Desa Doroncanga, Kabupaten Dompu, NTB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com