Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di NTT Hanya Satu SMA yang Siap Adakan UN "Online"

Kompas.com - 15/03/2015, 16:41 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Dari 603 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), hanya satu sekolah saja yang sudah siap untuk melaksanakan ujian nasional (UN) dengan sistem online atau computer-based test (CBT) tahun ini, yakni SMK Negeri I Kota Kupang. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Sinun Petrus Manuk kepada Kompas.com, Minggu (15/3/2015). Menurut Manuk, untuk sarana dan prasarana pendukung UN secara online, di SMK Negeri I Kota Kupang sudah siap, di antaranya peralatan komputer, jaringan telekomunikasi dan jaringan listrik.

“Karena UN online ini sifatnya ujicoba dari Pusat (Jakarta), maka untuk NTT ini, ditunjuk dua sekolah yakni SMK Negeri I Kota Kupang dan SMA Negeri III Kota Kupang. Namun untuk SMA Negeri III Kota Kupang belum siap karena sarana prasarana pendudukungnya belum memadai. Sementara untuk SMK Negeri I Kota Kupang sudah memadai sehingga 407 siswa-siswi yang menjadi peserta sudah siap,” beber Manuk.

Sekolah-sekolah lainnya, lanjut Manuk, masih menggunakan sistem manual atau lembar jawaban seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ia menjelaskan, ujicoba UN online ini hanya dilakukan di beberapa provinsi dan jumlah sekolah yang menggelarnya direncanakan bertambah setiap tahun hingga semua sekolah di Indonesia menggelar UN online.

Untuk sukseskan UN online yang dilangsungkan pada 13-15 April di SMK Negeri 1 Kupang, maka pihaknya akan memperhatikan sejumlah sarana pendukung, yakni menaikkan bandwith, daya listrik, dan mengantisipasi pemadaman listrik di Kupang.

Jumlah peserta UN tingkat SMA sederajat di NTT sebanyak 65.456 siswa yang terdiri atas 49.647 siswa tingkat SMA/MA yang tersebar di 436 sekolah, dan 15.809 siswa SMK tersebar di 167 sekolah. Jumlah ini belum termasuk Paket C setara SMA yang jumlahnya 6.014 siswa.(K57-12).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com