Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Lihat Kapal Kargo Sebelum Temukan 3 Kontainer Terdampar di Pantai Paloh

Kompas.com - 07/01/2015, 07:49 WIB
Kontributor Singkawang, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PALOH, KOMPAS.com – Penemuan tiga kontainer di pesisir Pantai Paloh, Kalimantan Barat, dikabarkan membuat warga sekitar heboh. Mereka datang berduyun-duyun ke lokasi penemuan kontainer dan penasaran ingin mengetahui isi di dalamnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, kontainer tersebut diketahui terdampar di Pantai Tanjung Kemuning, Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat tepatnya hari Sabtu, 3 Januari 2014.

Kepala Polres Sambas, AKBP Wandi Azis mengatakan, berdasarkan informasi yang didapat dari warga, pada tanggal 2 Januari 2014, sekitar pukul 16.00 terlihat sebuah kapal kargo yang melego jangkar di lepas pantai di Tanjung Kemuning. Artinya, tepat sehari sebelum warga menemukan kontainer tersebut terdampar.

“Lokasinya berada di koordinat 02.05.236 N – 109.38.412 E. Warna dan nama kapal kargo yang lego jangkar tidak terlihat dengan jelas, karena jarak pandang,” kata Wandi Azis via pesan singkat (SMS), Selasa (6/12/2014) malam.

Wandi Azis pun mengaku belum mengetahui siapa pemilik kontainer tersebut dan kapal apa yang membawanya. Adapun kontainer yang terdampar tersebut salah satunya berwarna merah dengan nomor seri TTNU 366538 berukuran 4x8 meter. Kontainer lainnya berwarna biru dengan tulisan WAN HAI, namun tidak terlihat nomor seri nya. Kontainer yang lainnya berada agak jauh dari bibir pantai, sehingga tidak terlihat jelas secara visual.

“Barang-barang yang berserakan di pantai berupa gulungan kertas putih sebanyak 48 gulung yang diduga isi dari kontainer tersebut,” kata dia.

Sementara itu sebelumnya, Hermanto, salah satu warga Paloh, mengatakan, kontainer tersebut berisi kertas yang terdiri dari berbagai macam gulungan. “Yang terdampar ada tiga kontainer di Tanjung Kemuning, isinya kertas. Terdampar sekitar dua hari yang lalu,” kata Hermanto ketika dikonfirmasi via telepon, Senin (5/12/2014) malam.

Hermanto menambahkan, selain tiga kontainer yang terdampar di pantai, masih ada sekitar 2-3 kontainer lagi yang terlihat terombang-ambing di laut. Namun dia tidak bisa memastikan dari mana asalnya kontainer tersebut.

“Rasanya mustahil kalau kontainer itu terlepas begitu saja dari kapal. Tapi kita tidak mau berprasangka buruk dulu, karena belum ada info apa-apa terkait kontainer tersebut,” ujar Hermanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com