Bupati Bandung: Sepekan Banjir, Kerugian Capai Rp 75 Miliar

Kompas.com - 26/12/2014, 20:13 WIB
Kondisi bencana banjir terkini di Bandung selatan, khususnya di tiga kecamatan, yakni Bojongsoang, Baleendah, dan Dayeuhkolot. Intensitas hujan yang cukup tinggi membuat air hujan tak juga surut, bahkan cenderung meluas dan naik berkisar antara 50 cm-3 meter. Jumlah pengungsi pun kian hari kian bertambah. Kondisi ini kemungkinan akan lebih parah, karena Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, curah hujan baru akan memasuki puncaknya pada Januari-Maret 2015. KOMPAS.com/Reni SusantiKondisi bencana banjir terkini di Bandung selatan, khususnya di tiga kecamatan, yakni Bojongsoang, Baleendah, dan Dayeuhkolot. Intensitas hujan yang cukup tinggi membuat air hujan tak juga surut, bahkan cenderung meluas dan naik berkisar antara 50 cm-3 meter. Jumlah pengungsi pun kian hari kian bertambah. Kondisi ini kemungkinan akan lebih parah, karena Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, curah hujan baru akan memasuki puncaknya pada Januari-Maret 2015.
|
EditorFarid Assifa
BANDUNG, KOMPAS.com — Banjir yang melanda Bandung Selatan sepekan terakhir di tiga kecamatan, yakni Baleendah, Bojongsoang, dan Dayeuhkolot diperkirakan menelan kerugian hingga Rp 75 miliar. Hal itu disampaikan Bupati Bandung Dadang M Naser, Jumat (26/12/2014).

Dadang mengatakan, penghitungan itu dilakukan oleh tim independen. Tim menghitung kerugian dari dampak yang ditimbulkan oleh bencana terhadap aktivitas masyarakat, baik secara ekonomi maupun sosial.

"Selain ekonomi dan sosial, tim menghitung kerugian akibat infrastruktur," ungkapnya.

Dadang mengaku, banjir 2014 ini merupakan bencana terbesar dalam empat tahun terakhir. Sebab, biasanya, banjir di lokasi paling parah, yakni di Cieunteung, tidak lebih dari tiga hari.

Hingga kini, jumlah pengungsi korban banjir Bandung Selatan terus bertambah. Sebanyak 12.872 orang bertahan di 30 titik pengungsian. Sementara itu, sebanyak 36.000 rumah tergenang.

Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Marlan mengatakan, banjir merendam delapan kecamatan di Kabupaten Bandung. Namun, banjir di sebagian wilayah sudah surut, dan hanya tersisa di Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang.

"Ketinggian air di tiga kecamatan itu mulai dari 30 cm hingga 3 meter," pungkasnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X