Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Janjikan Satu Kapal untuk Transportasi Antarpulau di Maluku

Kompas.com - 26/12/2014, 17:16 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Ignasius Jonan berjanji pada tahun 2015 mendatang, pihaknya akan mendatangkan sebuah kapal perintis baru di Maluku untuk membantu transportasi masyarakat menuju pulau-pulau yang ada di daerah itu.

"Kalau kapal perintis mungkin, paling kurang, dapat satulah," kata Jonan kepada sejumlah wartawan saat berkunjung di pelabuhan Ambon, Jumat (26/12/2014).

Dia menjelaskan, kapal perintis yang akan didatangkan itu nantinya merupakan kapal ukuran besar dengan bobot di atas 2.000 GT. Kapal baru ini nantinya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam kebutuhan transportasi antarpulau.

"Kapal yang nanti didatangkan agak besar, jadi paling kurang 2.000 GT-lah," ujarnya.

Untuk mengatasi keterbatasan sarana transportasi di Maluku, Jonan juga meminta kepada PT Pelni agar mereka dapat menyediakan kapal sendiri untuk angkutan barang dan penumpang di pulau-pulau yang sampai saat ini belum terlayani dan terjadwal.

Menurut Jonan, pulau-pulau yang belum memiliki bandar udara akan disinggahi kapal-kapal Pelni pada tahun depan. Kapal tersebut separuh membawa penumpang, sementara sisanya barang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com