Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul Jadi Lokasi Syuting Film Hollywood

Kompas.com - 07/12/2014, 18:08 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk, Playen, Gunungkidul akan dijadikan tempat syuting salah satu film yang diproduksi Hollywood berjudul "Beyond Skyline". Rencananya, film arahan sutradara Liam O’Donnell ini akan melakukan pengambilan gambar di obyek wisata ini pada 10-12 Desember mendatang.

Film ini dibintangi sejumlah artis di terkenal dunia, seperti aktor film Captain America, Frank Grillo, dan aktor film Raid, Iko Uwais.

Selama digunakan pengambilan gambar film fiksi ilmiah tentang serangan alien yang datang ke bumi pada tahun 2010 itu, obyek wisata air terjun Sri Gethuk akan ditutup.

"Penutupan untuk umum dilakukan pada tanggal 11-12 Desember. Hanya kita masih tunggu konfirmasi dari pihak kru karena akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi," ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Air Terjun Sri Gethuk, Tri Harjono, Minggu (7/12/2014).

Tri menuturkan, rencananya pengambilan gambar film "Beyond Skyline" akan dilakukan di sekitar air terjun, seperti salah satunya area persawahan. Selain kawasan ini dijadikan lokasi syuting film, masyarakat sekitar Air Terjun Sri Gethuk juga akan ikut ambil bagian sebagai figuran. Total ada sekitar 50 warga yang terlibat.

"Rumah warga sekitar juga disewa untuk penginapan kru film. Ada 10 rumah yang akan dimanfaatkan untuk penginapan," ucapnya.

Menurut dia, Air Terjun Sri Gethuk memang sudah beberapa kali digunakan untuk pengambilan gambar baik film maupun iklan produk selama ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul, Saryanto mengaku telah menerima surat pemberitahuan terkait akan ada aktivitas shooting film di Sri Getuk.

"Kami menyerahkan semuanya ke Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat," tegasnya.

Namun demikian, menurut dia, dipilihnya air terjun Sri Gethuk sebagai lokasi syuting film sekelas Hollywood menjadi salah satu momentum untuk terus mengembangkan wisata alam di Gunungkidul. Pasalnya, masih banyak destinasi wisata di Gunungkidul yang belum terkenal.

"Semoga dengan digunakan sebagai lokasi syuting film Hollywood, wisata kita semakin terkenal di luar negeri," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com