Kebakaran "Koyak" Kampung Seniman Ubud

Kompas.com - 20/11/2014, 18:59 WIB
Ilustrasi kebakaran ShutterstockIlustrasi kebakaran
EditorPalupi Annisa Auliani
GIANYAR, KOMPAS.com - Kebakaran melanda perkampungan seniman Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, terbakar, Kamis (20/11/2014) siang. Tak ada korban jiwa, tetapi kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Api diduga berasal dari "Clear Cafe", kafe yang dimiliki warga negara Amerika tetapi dikelola warga setempat. Lalu, api merambat cepat hingga ke perkampungan, termasuk membakar tempat suci keluarga Cokorda Dharma Yudha di sebelah Pasar Ubud.

Informasi yang dihimpun di lokasi menyebutkan kebakaran terjadi sekitar pukul 09.45 Wita. Diduga, api berawal dari dapur kafe tetapi langsung menjalar ke bangunan dua lantai yang sebagian besar berbahan kayu itu.

Embusan angin mempercepat meluasnya kebakaran. Selain kafe ini, beberapa bale ikut terbakar, demikian pula tiga sepeda motor dan sebuah mesin jenset ukuran besar di salah satu rumah yang turut terbakar.


Nyoman Suweta (51) warga Padang Tegal, yang rumahnya turut terbakar, mengatakan istrinya sedang menidurkan cucu mereka saat hawa panas menerpa. Saat itu, kata dia, atap rumah mereka sudah tertimpa reruntuhan lain yang sudah lebih dulu dibakar.

"Saya sedang membangun bale daje, tiba-tiba api sudah membesar dan membakar bangunan tempat tidur dan piasan yang beratapkan ijuk," tutur Suweta. Tak banyak harta benda bisa diselamatkan keluarga ini. Suweta memperkirakan kerugian tak kurang dari Rp 550 juta.

Lima mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk mengatasi kebakaran ini. "Semua kendaraan kita turunkan lima unit, untuk memadamkan api menghabiskan 35 tangki," ujar Pao, salah satu petugas pemadam kebakaran yang mendatangi lokasi. Polisi masih menyelidiki kebakaran ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X