Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Gula Merah di Kediri Terbakar Habis

Kompas.com - 19/07/2014, 02:26 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Sebuah pabrik usaha rumahan pembuatan gula merah di Desa Mangunrejo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat (18/7/2014), terbakar. 

"Tidak ada yang tahu asal-usulnya,” kata Yatiran, salah satu saksi mata, Jumat malam. Menurut dia, api beserta asap yang mengepul tiba-tiba terlihat dari bagian belakang pabrik milik Sarjono dan cepat menyebar.

Api tak terkendali karena banyak benda mudah terbakar di pabrik itu dan angin berembus cukup kencang pada saat itu. Setidaknya empat mobil pemadam kebakaran dari Pemkot Kediri dan Kabupaten Kediri diturunkan ke lokasi kebakaran ini.

Masyarakat sekitar pabrik juga ambil bagian menjinakkan api. Keberadaan tumpukan ampas kering batang tebu sisa perahan menyulitkan pemadaman api.

Setelah hampir dua jam berjibaku, upaya pemadaman baru menuai hasil. Namun, api sempat kembali berkobar karena ada sisa bara di lapisan terbawah ampas tebu.

Upaya pemadaman dilakukan lagi dan api baru dipastikan benar-benar padam sehingga upaya pembasahan untuk mencegah terulangnya kemunculan api pun dilakukan.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang menghanguskan dua bangunan berikut isinya itu. Kebakaran ini menyedot perhatian warga yang lalu memadati lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com