Penembak Kucing Akan Dites secara Kejiwaan

Kompas.com - 13/03/2014, 20:15 WIB
Danang Sulistyo alias Danang Sutowijoyo saat berada di rumahnya. KOMPAS.COM/ WIJAYA KUSUMADanang Sulistyo alias Danang Sutowijoyo saat berada di rumahnya.
|
EditorFarid Assifa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Aparat Polres Sleman dalam waktu dekat akan melakukan tes kejiwaan terhadap Danang Sulistyo, pelaku penembak kucing. Pemeriksaan tersebut guna mendukung proses hukum atas kasus yang dilaporkan Animal Defenders, belum lama ini.

"Kasus seperti ini baru kali pertama. Kami perlu berbagai referensi untuk kelanjutan dalam proses hukumnya. Salah satunya sejenis tes kejiwaan," ungkap Kepala Satreskrim Polres Sleman AKP Alaal Prasetyo, Kamis (13/3/2014).

Tes kejiwaan tersebut, lanjut Alaal, ditujukan untuk mendukung berita acara pemeriksaan (BAP). Dalam kasus yang langka seperti ini, pemeriksaan membutuhkan data mengenai kepribadian terlapor. Salah satunya guna melihat perilaku kebencian pelaku terhadap hewan, dalam kasus ini, kucing.

"Psikiater sudah disiapkan. Tidak berarti tes ini berprasangka bahwa terlapor mengalami gangguan jiwa," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, psikiater nantinya diharapkan mampu memberikan pendampingan jika yang terlapor memiliki kemungkinan gangguan emosional. Selain itu, dia juga bisa memberikan pengertian dan menyadarkan pelaku atas perbuatannya, menembak kucing.

Alaal mengungkapkan, pihaknya juga akan meminta keterangan istri Danang Sulistyo. Sebab, tidak ada saksi lain yang mungkin melihat aksi penembakan kucing.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X