Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Kecamatan di Pemalang Diterjang Banjir

Kompas.com - 28/01/2014, 12:49 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis


PEMALANG, KOMPAS.com — Ribuan rumah di lima kecamatan di Pemalang, Jawa Tengah, terendam banjir akibat Sungai Comal meluap, Selasa (28/1/2014). Lima kecamatan yang terendam banjir ialah Ulujami, Bodeh, Comal, Ampel Gading, dan Petarukan.
 
Menurut pantauan Kompas.com, banjir paling parah melanda Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, dengan ketinggian air mencapai satu meter. Wiwi (30), seorang warga, mengaku banjir kali ini terparah dalam 10 tahun terakhir.
 
"Biasanya memang banjir, tapi tidak separah ini, sampai masuk rumah," ujar Wiwi.
 
Mendapat laporan adanya banjir, tim SAR dari Polres Pemalang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI, dan TNI langsung ke lokasi berusaha mengevakuasi warga dengan menggunakan perahu karet.
 
Kapolsek Ulujami AKP Giyatno mengatakan, banjir terjadi karena tanggul Sungai Comal meluap dan tidak bisa menampung volume air kiriman dari Pemalang Selatan.
 
"Upaya pertama dengan warga kita berusaha menambal tanggul yang jebol agar banjir tidak bertambah parah, setelah itu berusaha mengevakuasi warga," jelas Giyanto.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com