Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Jam Operasi Zebra, Polisi Jaring 65 Pelanggar Lalu Lintas

Kompas.com - 10/12/2013, 21:39 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Operasi Zebra Semeru 2013 yang digelar selama dua jam di Jalan Adi Supcipto, Banyuwangi, Selasa (10/12/2013), menjaring 65 pelanggaran lalu lintas.

"Dari 65 pelanggaran, 40 persennya tidak memiliki SIM yang didominasi oleh pengendara di bawah umur atau pelajar, serta penggedara roda dua yang tidak menggunakan helm," ungkap Kasatlantas Polres Banyuwangi, AKP Gathut Wibowo kepada Kompas.com, Selasa (10/12/2013).

Dalam sidang tersebut, Polres Banyuwangi dibantu beberapa petugas dari Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Banyuwangi yang langsung melakukan proses persidangan terhadap pelanggar di tempat operasi Zebra.

"Tidak semuanya ditindak dengan tilang. Ada beberapa yang hanya diberi teguran karena kesalahannya tidak begitu fatal, seperti tidak menyalakan lampu di siang hari. Yang ditilang, mayoritas pelanggaran yang berpotensi terjadi kecelakaan seperti melanggar rambu dan tidak menggunakan helm," ungkap AKP Gathut.

Sementara itu sampai Selasa (10/12/2013), operasi Zebra Semeru 2013 berhasil menjaring 2.546 pelanggaran. "1.145 pelanggaran yang ditilang, sedangkan 1.400 pelanggaran mendapatkan teguran dan didominasi oleh kendaraan roda dua," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com