Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut 1 Muharam, Warga di Sejumlah Daerah Gelar Pawai Taaruf

Kompas.com - 05/11/2013, 12:32 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami,
Kontributor Polewali, Junaedi,
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1435 H, warga di berbagai daerah melakukan pawai "taaruf".

Seperti yang dilakukan di Tasikmalaya, ribuan warga mengikuti pawai taaruf pada hari ini, Selasa (5/11/2013). Dari pantauan Kompas.com, ribuan warga yang mengikuti pawai tersebut menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Mereka sebagian besar memakai pakaian putih-putih.

Bahkan, beberapa di antaranya terdapat kendaraan yang membawa beduk dan memakai sound system untuk mengumandangkan shalawat.

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kegiatan pawai untuk menyambut tahun baru Islam ini dipusatkan di Masjid Agung Setda Kabupaten Tasikmalaya. Para peserta pawai datang dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

"Peserta pawai taaruf ini datang dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Saya tak menyangka pula akan ada peserta sebanyak ini," jelas Uu di sela-sela acara pawai taaruf.

Rencananya ribuan peserta pawai akan berkeliling ke seluruh jalan-jalan protokol yang ada di wilayah Tasikmalaya.

Hal yang sama juga dilakukan warga di Banda Aceh. Pawai taaruf digelar dengan berjalan kaki yang melalui sejumlah rute jalan protokol di Banda Aceh ini. Senandung shalawat badar pun terdengar menggema di sepanjang jalan yang dilintasi peserta pawai.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah pun terlihat antusias menonton peserta pawai. "Pemahaman agama memang harus dilakukan sejak dini, agar anak-anak kita nanti hidupnya bisa terarah, apalagi daerah Aceh memang kental dengan syariat Islamnya," jelas Gubernur Zaini.

Meski rute yang dilalui lumayan jauh, para peserta pawai sangat bersemangat. "Anak-anak sangat senang bahkan mereka sendiri yang minta untuk diikutsertakan dalam barisan pawai," ujar Darniati, seorang guru dari SDN 62 Banda Aceh.

Sementara itu, di Pinrang, Sulawesi Selatan, ribuan warga menggelar pawai obor sambil menggemakan suara takbir di berbagai pelosok Pinrang. Warga berharap pergantian tahun baru Islam bisa menjadi ajang introspeksi diri guna menata hidup yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com