Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heli TNI Mendarat Darurat, 6 Kru dan 8 Penumpang Selamat

Kompas.com - 11/10/2013, 23:09 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis


TIMIKA, KOMPAS.com
— Sebanyak enam orang kru beserta delapan personel TNI dari Satuan Tugas (Satgas) 126 yang berada di helikopter TNI AD jenis MI-17 selamat saat terjadi insiden pendaratan darurat sekitar 600 meter arah barat Bandara Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Jumat (11/10/2013).

Seperti yang diberitakan Kompas.com sebelumnya, pada pukul 10.05 WIT, helikopter TNI AD jenis MI-17 yang sedang melakukan penerbangan membawa bantuan logistik dari Bandara Sentani Jayapura menuju Bandara Okbibab tiba-tiba hilang kendali dan harus melakukan pendaratan darurat.

Menurut Kepala Penerangan Komando Daerah Militer XVII Cenderawasih Kol Inf Lismer Lumban Siantar, kejadian itu berlangsung di Kampung Abnu Sibil, Distrik Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Saat pesawat berada pada jarak 600 meter dari Bandara Okbibab, tiba-tiba terjadi perubahan cuaca mendadak. Heli hilang kendali setelah dihempas angin kencang. Beruntung pesawat bisa melakukan pendaratan darurat sehingga semua kru dan penumpang selamat,” jelas Lismer melalui pesan singkat. Lismer menjelaskan, akibat insiden ini, beberapa bagian heli mengalami kerusakan.

Sementara itu, setelah berkoordinasi dengan anggota TNI setempat, beberapa saat kemudian anggota TNI dari Koramil Okbibab bersama anggota TNI Satgas 126 mendatangi lokasi kejadian. “Mereka langsung mengamankan pesawat dan mengangkut logistik TNI yang dibawa dari Jayapura,” pungkas Lismer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com