Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Mahfud MD Dibakar di Malang

Kompas.com - 30/08/2013, 11:45 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Tak kunjung ditemui oleh pihak kampus Universitas Kanjuruhan (Unikama) Malang, Jawa Timur, puluhan mahasiswa lalu membakar foto Mahfud MD. Mahasiswa tak ingin kampus Unikama dicemari oleh kepentingan politik praktis.

Foto Mahfud dibakar setelah puluhan mahasiswa melakukan demo, tak juga ditemui oleh pihak rektorat. "Bentuk protes kita mari kita bakar foto Mahfud MD ini," kata Lutfianas Zulkarnain, salah satu koordinator aksi, Jumat (30/8/2013).

Mahfud akan datang ke Malang pada Sabtu (30/8/2013) untuk menghadiri Sarasehan Nasional dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Keluarga Besar Alumni Unikama (Ikaba).

"Sarasehan itu hanya akan menjadi komunikasi politik untuk kesuksesa majunya Mahfud MD ke RI 1 pada Pilpres 2014 mendatang. Selain itu, keberadaan Ikaba juga tidak jelas. Kampus ini bukan tempat konsolidasi politik," kata Muhammad Suri, peserta aksi lainnya.

"Karena tak juga ditemui dan tak ada tanggapan dari pihak rektorat, terpaksa mahasiswa harus membakar foto Mahfud MD," tegasnya.

Sementara itu, menanggapi demo mahasiswa itu, Ketua panitia Sarasehan Nasional, Muhammad Suharto, mengatakan, kehadiran Mahfud MD, tidak ada hubungannya dengan kepentingan politik.

"Sama sekali tidak ada kaitannya dengan kepentingan politik. Mengundang pak Mahfud MD itu, dalam rangka penegakan hukum dan pemberantas korupsi di Indonesia. Begitu juga dengan pembicara yang lain," katanya.

Organisasi Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus (AMPK) yang melalukan demo itu tidak terdaftar di kampus Unikama. Tidak masuk organisasi kampus. "Kami menduga, demo ini dimotori oleh pihak lain atau dosen yang tidak puas dan berkepentingan ke kampus ini," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com