Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H 6 Lebaran, Jalur Gentong Macet Lagi

Kompas.com - 14/08/2013, 09:49 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Jalur Rajapolah-Gentong kembali dipadati kendaraan. Kemacetan panjang terjadi pada Rabu (14/8/2013) pagi. Meski demikian, antrean jumlah kendaraan hari ini mulai menurun dibandingkan dua hari kemarin.

Seorang warga asal Kampung Situbeet, Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Asep Sopiana (38), mengatakan terpaksa memutar arah kendaraannya yang akan ke arah Bandung, sebelum memasuki kawasan Tanjakan Gentong. Pasalnya, kemacetan panjang terjadi lagi di jalur Gentong sejak pagi ini.

"Daripada saya terjebak macet parah lagi, mendingan saya memutar arah dan kembali lagi ke Tasik. Soalnya sejak pagi di Gentong sudah macet panjang," ungkap Asep kepada Kompas.com, Rabu pagi.

Antrean arus balik kendaraan terus terjadi di jalur Rajapolah-Gentong sejak akhir pekan lalu. Bahkan pada Senin kemarin terjadi kemacetan parah sepanjang 25 kilometer.

Kepala Jembatan Timbang Gentong Dinas Perhubungan Jawa Barat Asep Mustofa mengatakan, arus balik kendaraan masih terjadi sampai sekarang. Sesuai data yang diperoleh, jumlah kendaraan dari arah timur ke barat mulai H-7 sampai H+3 Lebaran sebanyak 250.524 unit, baik roda dua maupun empat.

"Justru arah sebaliknya dari barat ke timur lebih banyak, untuk motor dan mobil, sebanyak 396.853 kendaraan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com