Kerugian akibat Gempa dan Banjir di Malang Capai Rp 3,4 Miliar

Kompas.com - 13/07/2013, 14:59 WIB
|
EditorEgidius Patnistik

MALANG, KOMPAS.com - Kerugian akibat gempa dan banjir yang melanda beberapa desa di Kabupaten Malang, Jawa Timur, mencapai Rp 3,4 Miliar. Gempa dan banjir itu terjadi dalam dua hari berturut-turut.

Gempa bumi berkekuatan 5,9 skala Richter terjadi pada Senin (8/7/2013) dan banjir bandang pada Selasa yang menimpa Desa Sitiarjo dan Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Adapun kerugian yang dihitung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang meliputi kerusakan rumah, sawah, dan hewan ternak. Kerusakan drainase masih belum rampung dihitung.

Kerugian sementara untuk rumah, sawah dan ternak mencapai Rp 1,7 miliar," jelas Hafi Lutfi, Kepala BPBD Kabupaten Malang, Sabtu. Namun, jika dihitung semua dengan kerusakan pada drainase, kata dia, diperkirakan kerugian mancapai Rp 3,4 miliar.

"Untuk kerusakan rumah sebanyak 126 unit itu untuk korban gempa. Untuk korban banjir mencapai 30 rumah," katanya.

Hafi mengatakan, Pemkab Malang akan memberikan bantuan kepada korban yang rumahnya mengalami kerusakan, berkisar senilai Rp 2 juta hingga Rp 5 juta. "Dana itu untuk renovasi rumahnya," kata dia. 

Sementara untuk perbaikan infrastruktur, seperti drainase akan diambilkan dari dana APBD Pemkab Malang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X