Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miing: Laga Persija VS Persib di Papua Saja

Kompas.com - 25/06/2013, 17:11 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Komisi X DPR RI Dedi Gumelar mengaku geram dengan perseteruan pendukung Persija dan pendukung Persib.

Bila tak kunjung selesai, ia mengusulkan agar pertandingan digelar di luar Pulau Jawa saat kedua tim bertemu. "Di Papua saja harusnya Persija vs Persib," kata pria yang akrab disapa Miing ini, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (25/6/2013).

Politisi PDI Perjuangan ini berpendapat, perseteruan panjang antardua kelompok suporter itu terjadi karena kurangnya kesadaran akan budaya.

Untuk itu, ia mengimbau keharusan pemberian pendidikan budaya pada kelompok suporter The Jak dan Bobotoh agar konflik selesai dan tak terus berulang.

"Harus diberi pendidikan budaya, kan ada koordinatornya. Supaya tahu sportif, siap menang dan kalah," ujarnya.

Seperti diketahui, pada Sabtu (22/6/2013), sekelompok orang yang ditengarai merupakan suporter Persija melakukan perusakan pada bus ofisial dan pemain Persib Bandung.

Perusakan terjadi ketika bus tersebut keluar dari sebuah hotel dan menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk menjalani laga kontra Persija. Akibat perusakan itu, kaca bus pecah dan Persib batal bertanding.

Kelompok suporter The Jak membantah terlibat dan menuding perusakan dilakukan oleh oknum tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com