Salin Artikel

Banjir dan Tanah Longsor Terjadi di 5 Kabupaten di Sulsel, Pj Bahtiar: Turut Berduka Cita

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin menyampaikan rasa duka citaanya atas bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di lima kabupaten di Sulsel, yakni Luwu, Enrekang, Sidrap, Wajo, dan Sinjai, pada Jumat (3/5/2024) dini hari tadi.

"Atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat Sulsel, kami menyampaikan turut berduka cita atas apa yang menimpa saudara-saudara kita," ucap Bahtiar saat menghadiri peringatan Hari Jadi Luwu Timur.

Bahtiar menyebut, berdasarkan laporan yang didapat, sampai saat ini, terdapat tujuh orang yang meninggal di Kabupaten Luwu.

Sedangkan, di Kabupaten Enrekang, Sidrap, Wajo, dan Sinjai tidak ada korban yang meninggal dunia. Namun, ribuan warga terdampak akibat bencana ini.

"Di Luwu, laporan yang saya dapatkan sampai saat ini ada tujuh orang yang meninggal. Oleh karena itu, saya memohon keridaan semua untuk mendoakan dan semoga diberikan kekuatan dan kemudahan untuk melalui semua ini. Kita serahkan pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ujar Bahtiar melalui keterangan persnya, Jumat. 

Terkait dengan bencana ini, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan personel lainnya sudah turun ke lapangan untuk melakukan penanganan.

Selain itu, Bahtiar juga sudah menginstruksikan kepada kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk turun langsung melakukan penanganan, termasuk koordinasi dengan pemerintah setempat dan jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda).

Seperti diketahui, dampak dari bencana ini mengakibatkan rusaknya beberapa infrastruktur dan bangunan, seperti jalan, jembatan, lahan pertanian dan kebun, empang, serta rumah-rumah warga.

Adapun data warga yang meninggal dunia akibat banjir dan tanah longsor di Kabupaten Luwu, yakni Rumpak (97), Jatima (55), Rima (84), Muhammad Misdar (29), Mawi (57), Sukma (9), dan Kapila (84).

https://regional.kompas.com/read/2024/05/03/185157978/banjir-dan-tanah-longsor-terjadi-di-5-kabupaten-di-sulsel-pj-bahtiar-turut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke