Salin Artikel

Raker Komwil I Apeksi 2024, Kota-kota Diingatkan untuk Kelola APBD secara Benar

KOMPAS.com - Wakil Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Suhajar Diantoro mengatakan, para wali kota (walkot) harus bisa menjadi pengayom masyarakat dan swasta agar pertumbuhan ekonomi bisa terjadi di kota.

"Kita mendorong wali kota untuk menjadi pengayom serta mengelola anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dengan benar. Dengan demikian, swasta bisa tumbuh membangun negeri," tutur Suhajar melalui siaran persnya, Jumat (3/5/2024).

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2024 di Kota Pekanbaru pada 1-5 Mei 2024.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi akan berdampak terhadap kemajuan kabupaten sekitar, sehingga pembangunan dalam kota perlu dilakukan.

"Karena itu, kami berharap kebijakan pemerintah pusat yang pro investasi, dengan memudahkan perizinan, hanya walikota lah yang melaksanakannya dengan baik," tuturnya.

Sebagai informasi, pembukaan Apeksi ditandai dengan pemukulan kompang oleh Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, Pj Walkot Pekanbaru Muflihun, Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam, dan Wakil Ketua III Komwil I Apeksi sekaligus Walkot Binjai Amir Hamzah.

Agenda tersebut dihadiri oleh 24 perwakilan walkot bersama delegasi anggota Komwil I Apeksi. (ADV)

https://regional.kompas.com/read/2024/05/03/161811678/raker-komwil-i-apeksi-2024-kota-kota-diingatkan-untuk-kelola-apbd-secara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke