Salin Artikel

Bangka Belitung Rekrut 235 Anggota PPK, Digaji Rp 2,5 Juta

Perekrutan dan seleksi dilakukan secara online, tanpa ada prioritas bagi PPK pemilu sebelumnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Bangka Belitung, Husin mengatakan, tahapan seleksi dilakukan secara terbuka melalui Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA).

"Persyaratan peserta sama halnya dengan PPK Pemilu 2024. Ditegaskan, mantan PPK yang sudah berakhir tugas 4 April 2024 yang masih berminat dapat ikut seleksi dan tidak ada prioritas," kata Husin kepada Kompas.com di Pangkalpinang, Sabtu (27/4/2024).

Husin menuturkan, badan adhock terdiri dari PPK, PPS dan KPPS berdasarkan PKPU Nomor 8 Tahun 2022 serta keputusan KPU tentang pedoman teknis pembentukan badan adhock Pilkada 2024.

Total sebanyak 235 orang yang bakal direkrut, tersebar di 47 kecamatan dengan masing-masing kecamatan diisi lima PPK.

Seleksi dilakukan melalui tahap administrasi, tes Computer Asissted Test (CAT) dan uji kelayakan. Namun demikian, KPU kabupaten dan kota akan mengevaluasi dan mempertimbangkan mantan PPK Pemilu 2024 yang terbaik untuk ditetapkan kembali.

"Intinya, semua peserta harus berkompetisi secara cerdas dan ketat," ujar Husin.

Tahapan seleksi diharapkan selesai pada 15 Mei 2024. Selanjutkan KPU akan melakukan seleksi untuk panitia pemungutan suara (PPS).

Masa tugas PPK Pilkada 2024 selama delapan bulan terhitung Juni 2024 sampai Januari 2025 dengan besaran honorarium sama dengan pemilu lalu yakni ketua Rp 2,5 juta dan anggota Rp 2,2 juta per bulan.

Adapun pelaksanaan pungut hitung suara bakal diselenggarakan pada 27 November 2024 yang mencakup untuk pemilihan pasangan bupati/wali kota dan gubernur.

Menurut Husin, pilkada serentak 2024 adalah kali pertama digelar pasca reformasi. Artinya perhatian masyarakat lebih besar dan kontestasi lebih keras.

"Memperkuat sosialisasi kepada masyarakat, agar dukungan, kepedulian dan partisipasi semakin besar. Dan jaga integritas kemandirian dan independensi," pesan dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/27/163757078/bangka-belitung-rekrut-235-anggota-ppk-digaji-rp-25-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke