Salin Artikel

45 Anggota DPRD Babel Terpilih Dilantik 24 September, Ini Fasilitasnya

Para wakil rakyat periode 2024-2029 itu bakal dilantik secara sederhana sesuai standar sidang paripurna di gedung dewan.

"Pelantikan dilakukan ketua pengadilan tinggi sesuai standar sidang paripurna biasa," kata Sekretaris DPRD Kepulauan Bangka Belitung Marwan yang didampingi Kabag Fasilitas Eko Sentosa, Jumat (19/4/2024).

Eko menuturkan, undangan pelantikan bakal dikirim setelah sekretariat DPRD menerima surat keputusan dari Kementerian Dalam Negeri.

Untuk itu setiap anggota dewan bakal diberikan satu stel pakaian formal dan pin anggota dewan.

Pengadaan atribut anggota dewan sambung Eko, mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD.

"Seperti jas diberikan sebanyak dua stel untuk satu periode atau selama lima tahun menjabat. Sementara pin, sama dengan pegawai juga ada pin, apakah ada kandungan emasnya kami belum bisa pastikan," ujar Eko.

Menurut Eko, anggaran pengadaan fasilitas untuk anggota dewan yang baru tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Mekanismenya tetap melalui lelang atau penunjukan langsung sesuai nilai belanja yang dialokasikan.

"Kami juga tidak bisa berlebihan karena sudah ada PP 18 Tahun 2017 yang mengatur," beber Eko.

Saat pelantikan nanti, anggota dewan diperbolehkan untuk mengajak dua sampai tiga orang pendamping atau anggota keluarganya.

Jumlah tamu memang sengaja dibatasi karena kapasitas ruangan aula yang terbatas.

"Sehari sebelum hari H akan ada gladi bersih. Artinya semua sudah siap, termasuk pakaian yang akan digunakan anggota dewan. Sudah diukur dan dibuat jauh hari sebelumnya," pungkas Eko.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/19/170540078/45-anggota-dprd-babel-terpilih-dilantik-24-september-ini-fasilitasnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke