Salin Artikel

Kunjungan Wisatawan Selama Libur Lebaran, Kota Semarang Kalahkan Solo

Hal itu membuat Kota Semarang mengalami lonjakan paling tinggi pada libur Lebaran jika dibandingkan dengan daerah lain seperti Solo. 

Kunjungan wisatawan di Kota Semarang selama libur Lebaran tercatat 350.000 orang. Sementara Kota Solo sebanyak 221.000 wisatawan. 

Data tersebut mengacu dari hasil penghitungan random sampling yang dilakukan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, Little Netherlands atau Kota Lama menduduki peringkat pertama sebagai destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

"Kunjungan di Kota Semarang meningkat 350.000 wisatawan. Sebanyak 200 (ribu) lebih wisatawan datang ke Kota Lama," kata Mbak Ita, sapaan akrabnya, seusai menggelar halal bi halal di Halaman Balai Kota Semarang, Selasa (16/4/2024).

Setelah Little Netherlands Kota Lama, posisi kedua disusul oleh Lawang Sewu di tingkat Kota Semarang.

Peningkatan kunjungan wisatawan tersebut berdampak pada melonjaknya okupansi hotel di Ibu Kota Jateng. Keterisian hotel tersebut juga di atas rata-rata Jateng.

"Okupansi hotel juga meningkat rata-rata sampai 85 persen sebelum Lebaran, sementara pada 11 April dan 12 April, dan liburan mencapai 95 persen," kata Mbak Ita.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Wing Wiyarso menambahkan, jumlah wisatawan yang tercatat tersebut hanya di destinasi-destinasi wisata besar.

"Tentunya ini sangat menggembirakan, Alhamdulillah warga Kota Semarang sangat mendukung, minimal sedikitnya pengaduan atau komplain dari wisatawan," katanya.

Secara urutan destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Jateng adalah Little Netherlands Kota Lama. Kemudian Masjid Sheikh Zayed Solo, Masjid Agung Demak, disusul Umbul Ponggok Klaten, dan Candi Borobudur Magelang.

"Ini tentunya menjadikan Kota Semarang menjadi makin hebat. Tentu akan kami tingkatkan lagi," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/16/150340878/kunjungan-wisatawan-selama-libur-lebaran-kota-semarang-kalahkan-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke