Salin Artikel

Dihantam Banjir Bandang, 3 Jembatan Gantung di Musi Rawas Utara Putus

Akibatnya, akses lalu lintas warga yang berada di Kecamatan Karang Jaya terputus, sehingga mereka tidak dapat menyeberang ke desa sebelah.

Camat Karang Jaya, Hendri Kusuma mengatakan, sebelum banjir bandang terjadi, wilayah tersebut diguyur hujan deras sejak beberapa hari terakhir hingga malam tadi.

Akibatnya, Sungai Rupit yang berada di desa itu pun menjadi meluap.

Pada pukul 09.00 WIB, luapan Sungai Rupit pun mengakibatkan banjir bandang hingga membuat tiga jembatan gantung roboh diterjang banjir.

"Kondisi ketiga jembatan yang putus itu hancur tidak bisa digunakan lagi," kata Hendri melalui sambungan telepon, Selasa (16/4/2024).

Hendri menjelaskan, tiga jembatan gantung tersebut berada di Desa Sukarajo, Muara Batang Empu dan Tanjung Agung.

Warga saat ini tertahan di Desa Muara Batang Empu setelah ketiga jembatan gantung tersebut putus. Kondisi debit air pun kini sudah mencapai sekitar 20 centimeter.

"Untuk di Desa Lubuk Kumbung belum dapat kabar, karena di sana memang susah sinyal. Kami sekarang masih tertahan di Batang Empung, tidak bisa ke mana-mana," kata dia.

Warga yang berada di sekitar bantaran Sungai Rawas kini diminta waspada karena kondisi debit air diperkirakan masih akan meninggi, menyusul curah hujan yang masih tinggi.

"Sebagian warga masih bertahan di rumah walaupun banjir, karena memang tidak bisa ke mana-mana," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/16/144943878/dihantam-banjir-bandang-3-jembatan-gantung-di-musi-rawas-utara-putus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke