Salin Artikel

Urai Macet Ajibarang, Polisi Terapkan Pengalihan Arus dan "One Way"

BANYUMAS, KOMPAS.com - Kendaraan arah Jakarta diimbau menghindari jalur Ajibarang, Kabupaten Banyumas-Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jateng.

Pasalnya, dalam tiga hari terakhir terjadi kemacetan di ruas Ajibarang-Bumiayu yang merupakan penghubung jalur selatan dan pantura.

Kapolresta Banyumas Kombes Edy Suranta Sitepu mengatakan, pihakny telah menerapkan beberapa rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

"Puncak arus mudik diperkirakan terjadi Sabtu dan Minggu, tapi kalau hari ini masih banyak volume kendaraan kami siap mengantisipasinya," kata Edy kepada wartawan, Senin (15/4/2024).

Pada Minggu sore misalnya, polisi mengalihkan kendaraan dari jalur selatan tujuan Jakarta ke arah Tol Pemalang dan Bandung

Dari simpang Buntu, Banyumas, kendaraan tujuan Jakarta diarahka ke kiri melalui Sokaraja-Purbalingga-Randudongkal-Pemalang.

Alternatif lain, dari simpang Buntu dialihkan melalui jalur selatan-selatan. Sedangkan kendaraan yang sudah sampai simpang Wangon dialihkan melalui Bandung.

Pada Minggu malam, pihaknya juga menerapkan one way lokal mulai pukul 23.50 WIB. One way dimulai dari simpang Ajibarang hingga gerbang Tol Pejagan, Brebes.

Kendaraan arah Jakarta dikawal personel Polresta Banyumas dari Ajibarang sampai Bumiayu. Kemudian pengawalan dilanjutkan oleh personel Polres Brebes dari Bumiayu hingga Pejagan.

"Selesai sterilisasi tadi pagi pukul 05.30 WIB," kata Kabag Ops Polresta Banyumas Kompol Agus Amjat Purnomo.

Sementara hingga pukul 12.00 WIB, polisi belum memberlakukan pengalihan arus maupun one way. Untuk mengurai kemacetan sementara dilakukan buka tutup jalur menuju Jakarta.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/15/134806178/urai-macet-ajibarang-polisi-terapkan-pengalihan-arus-dan-one-way

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke