Salin Artikel

Arus Balik, Pemudik Pejalan Kaki Membludak, "Gangway" Dermaga Reguler Pelabuhan Bakauheni Penuh

Pantauan Kompas.com pada Minggu (14/4/2024) pukul 08.30-09.45 WIB, ribuan pemudik memadati di "gangway" dermaga 1 dan 2.

Para pemudik ini mulai ramai berdatangan sejak pagi dan langsung mencetak tiket dan mengantre masuk kapal.

Ramainya pemudik yang hendak balik ke Pelabuhan Merak ini membuat "gangway" dermaga penuh sesak dan panjang antrean mencapai 30 meter.

Salah satu "helper operasional" Pelabuhan Bakauheni, Nanang mengatakan, lonjakan pemudik pejalan kaki ini sudah terjadi sejak Sabtu (13/4/2024) kemarin.

“Sudah ramai, Mas. Dari kemarin penuh (pemudik), ini juga dari tadi pagi sudah penuh," kata dia ditemui di "gangway" dermaga 1, Minggu pagi.

Nanang menambahkan, jam ramai kedatangan para pemudik ini terjadi sejak pagi hingga sore hari.

"Malam enggak terlalu banyak, Mas. Lebih ramai yang pagi sampai sore," kata di.

Sementara itu, salah seorang pemudik bernama Dinda mengaku pabrik tempatnya bekerja sudah mengharuskan masuk pada Senin (15/4/2024) besok.

"Besok sudah masuk kerja. Jadi berangkat hari ini balik ke Tangerang," kata Dinda, yang kemarin mudik ke wilayah Natar, Lampung Selatan.

Berdasarkan data ASDP Bakauheni selama periode arus balik 2024 hingga H+2, total pemudik pejalan kaki yang kembali ke Jawa mencapai 20.546 orang.

Jumlah ini tidak berbeda jauh dengan pemudik motor yang mencapai 22.171 unit.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/14/103008778/arus-balik-pemudik-pejalan-kaki-membludak-gangway-dermaga-reguler-pelabuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke