Salin Artikel

Diguyur Hujan Deras sejak Lebaran Hari Kedua, 3 Kecamatan di Lampung Kebanjiran

LAMPUNG, KOMPAS.com - Hujan deras yang turun sejak Lebaran hari kedua membuat tiga kecamatan di Bandar Lampung kebanjiran. Ketinggian air mencapai paha orang dewasa.

Kapolresta Bandar Lampung Komisaris Besar (Kombes) Abdul Waras membenarkan adanya bencana banjir yang dialami warga di saat masih suasana Lebaran.

Menurut Waras, sapaan akrabnya, banjir terjadi setelah hujan turun deras sejak Kamis (11/4/2024) hingga Jumat (12/4/2024).

"Iya, ada tiga kecamatan yang terdampak banjir kemarin. Kondisi saat ini sudah mulai surut," kata Waras saat ditemui di Pelabuhan Bakauheni usai rapat koordinasi arus balik, Sabtu (13/4/2024).

Dari data kepolisian, tiga kecamatan yang terdampak itu yakni Teluk Betung Timur, Teluk Betung Selatan, dan Panjang.

Di Kecamatan Teluk Betung Timur seperti di Kelurahan Kota Karang, Keteguhan, Bakung dan Kuripan ketinggian banjir mencapai 30 sentimeter.

"Di Kelurahan juga terjadi longsor, namun alhamdulilah tidak ada korban jiwa," katanya.

Kemudian di Kecamatan Teluk Betung Selatan, banjir disebabkan meluapnya Kali Balau sehingga lumpur ikut memasuki rumah-rumah warga.

Sedangkan di Kecamatan Panjang, banjir melanda beberapa wilayah di tepian Jalan Soekarno-Hatta. Posisi rumah yang lebih rendah dari jalan raya membuat ketinggian banjir mencapai paha orang dewasa.

"Upaya pembersihan dilakukan oleh perangkat kelurahan dan BPBD Kota Bandar Lampung dengan menggunakan beberapa mobil bantuan," katanya.

Polresta Bandar Lampung langsung menurunkan tim sigap bencana dengan membantu warga.

"Kami terjunkan tim untuk membantu membersihkan lumpur di permukiman warga yang terdampak banjir," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/13/121615278/diguyur-hujan-deras-sejak-lebaran-hari-kedua-3-kecamatan-di-lampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke