Salin Artikel

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Merak Diprediksi 13-14 April, Dua Akses Jalan Disiapkan

Rekayasa lalu lintas pergerakan pemudik dari Sumatera ke Jawa saat tiba di Pelabuhan Merak telah disiapkan.

"Pengamanan arus balik mulai hari Jumat, Sabtu Minggu sampai dengan Senin. Kemungkinan puncaknya (di Pelabuhan Merak) yaitu hari Sabtu (13/4/2024) dan hari Minggu (14/4/2024)," kata Abdul Karim kepada wartawan di Serang. Rabu (10/4/2024).

Abdul Karim menjelaskan, pada arus balik akan menyiapkan dua akses jalan dari arah Pelabuhan Merak.

Jalan Cikuasa Atas, kata Abdul, akan digunakan untuk mobil pribadi, bus dan truk mengarah ke jalan tol Tangerang-Merak. Untuk memperlancar distribusi kendaraan, tiga jalur akan disiapkan hingga Gerbang Tol Merak.

Sedangkan roda dua atau sepedah motor akan diarahkan melalui Jalan Cikuasa Bawah.

Selain itu, anggota Direktorat Lalulintas Polda Banten akan mengawal pemudik dari Merak hingga perbatasan Tangerang dengan Jakarta.

"Pengawalan ini untuk mengantisipasi terjadinya hal hal yang tidak diinginkan, karena pemudik ini pasti ada yang membawa anak dan istrinya di motor, kita khawatir mereka kelelahan," ujar Abdul.

Pengawalan pemudik motor ke arah Jabodetabek dan sekitarnya, lanjut Abdul, akan dilanjutkan hingga ke Belaraja, Kabupaten Tangerang.

"Pengaturan sepeda motor ini akan kita koordinir, kita kawal mulai dari Pelabuhan Merak sampai ke Balaraja," kata dia.

"Nanti di buffer zone ini akan kita penuhi kebutuhan masyarakat. Kita fasilitasi, untuk istirahat kita berikan yang layak dan memadai," sambung Abdul.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/10/195212278/puncak-arus-balik-di-pelabuhan-merak-diprediksi-13-14-april-dua-akses-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke