Salin Artikel

H-2 Lebaran, Terminal Tirtonadi Solo Dipadati Pemudik Jarak Dekat

"Untuk hari ini kondisinya landai, jadi para pemudik itu didominasi oleh pemudik jarak dekat. Sekitaran Solo Raya dan bedasal Jogja, Semarang dan Surabaya," kata Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Bandiyono.

Ia menyebut setelah melalukan pemantuan hingga H-2 ini, puncak arus mudik Lebaran 2024 telah berlangsung pada H-4, pada Sabtu (6/4/2024).

"Puncak arus mudik kurang lebih 2.368 kendaraan. Ada kenaikan sebesar 9 persen dibanding tahun lalu. Dan juga untuk jumlah penumpangnya di arus Puncak arus mudik itu ada 28.768 penumpang ada kenaikan sekitar 21 persen dibanding tahun 2023," paparnya.

Lebih lanjut, puncak arus balik di Terminal Tirtonadi diprediksi akan terjadi pada 14 April 2024 dan berbarengan dengan program Arus Balik Bus Gratis yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Alokasi dari Terminal Tirtonadi ada kurang lebih sejumlah 43 bus yang nanti akan berangkat. Kemudian juga di tanggal 15 April itu ada program Arus Balik Mudik Gratis dari Kementerian Perhubungan ada kurang lebih sejumlah 25 bus," jelasnya.

Kemudian untuk progam angkutan sepada motor dari Kementerian Perhubungan saat arus balik, ada 2 truk dengan dengan jumlah sepeda motor 60 unit. Serta, Pemprov DKI Jakarta itu juga ada kurang lebih 62 unit sepeda motor.

"Kemudian juga terkait dengan mudik gratis truk sepeda motor pada arus balik itu juga sama dia wajib juga menunjukkan yang tiket yang sudah teregistrasi pada panitia," lanjutnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/08/172157378/h-2-lebaran-terminal-tirtonadi-solo-dipadati-pemudik-jarak-dekat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke